Jogja adalah salah satu destinasi wisata yang sangat populer bagi banyak wisatawan. Hampir di setiap weekend dan libur panjang, Jogja selalu menjadi pilihan utama para pelancong untuk menghabiskan waktu liburan mereka. Well, kalau liburan pasti kurang asyik kalau nggak bawa oleh-oleh pas pulang. Nah, ini ada 7 oleh-oleh khas Jogja yang bisa kamu bawa pulang dan jadi “bukti” kalau kamu udah pernah ke Jogja.

1.     Bakpia.

Sumber: google.co.id

Sumber: google.co.id

Siapa yang tak kenal dengan panganan yang satu ini. Camilan khas Jogja ini sudah mendunia dan dikenal oleh banyak kalangan. Bahkan, ada sebutan bahwa kalau ke Jogja dan nggak beli Bakpia, maka kamu nggak ke Jogja. Bakpia merupakan salah satu oleh-oleh khas Jogja yang wajib kamu bawa pulang. Panganan yang berasal dari budaya tionghoa ini sekarang memiliki banyak sekali merek yang terkenal. Selain itu juga sudah banyak varian rasanya. Kalau dulu mungkin hanya rasa kacang hijau, tapi sekarang kamu bisa menemukan rasa coklat, keju, dan rasa favorit yang lain.

2.     Coklat.

Sumber: google.co.id

Sumber: google.co.id

Mungkin sebagian orang berpikir bahwa coklat bukan merupakan oleh-oleh khas Jogja yang harus kamu bawa pulang, karena Coklat adalah produk luar negeri. Tapi kamu salah kalau kamu berpikir seperti itu sekarang. Kenapa? Karena Jogja juga punya banyak lahan penghasil cocoa yang merupakan cikal bakal coklat. Itulah yang kemudian membuat banyak orang mulai memulai usaha coklat. Dan, as you know, Jogja selalu punya ide kreatif untuk mengolah segala macam hal, salah satunya adalah coklat ini. Nah, sekarang, di Jogja juga udah banyak bermunculan produk-produk coklat. Mereka juga berinovasi dengan berbagai macam bahan. Bahkan ada coklat dengan rasa rendang! Can you believe it?!

3.     Batik.

Sumber: google.co.id

Sumber: google.co.id

Kalau yang satu ini, memang, Kota Batik di Pekalongan, bukan Jogja eh eh bukan Solo, tapi Jogja juga jadi sentra pengrajin batik yang sudah cukup terkenal di dunia. Batik merupakan salah satu oleh-oleh khas Jogja yang bisa kamu beli di pusat-pusat oleh-oleh di manapun di Jogja. Jogja juga menghadirkan banyak sekali pilihan batik dari mulai motiv tradisional, sampai motiv-motiv yang sudah dimodifikasi. Soal harga, juga bermacam-macam. Dari yang paling murah sampai yang paling mahal tersedia di Jogja. Jadi, kalau ke Jogja, batik adalah oleh-oleh wajib.

4.     Perak.

Sumber: google.co.id

Sumber: google.co.id

Kalau kamu ke Jogja, kamu harus mampir ke Kotagede untuk membeli perak. Yups! Perak merupakan salah satu oleh-oleh khas Jogja yang wajib kamu jadikan cindera mata. Kalau kamu pergi ke Kotagede, kamu akan mendapati banyak sekali toko yang menawarkan perak mereka dengan berbagai macam desain. Bahkan kamu bisa meminta desainmu sendiri. Soal kualitas, kamu tak perlu khawatir, perak Kotagede punya kualitas terbaik.

5.     Gudeg.

Sumber: google.co.id

Sumber: google.co.id

Oleh-oleh khas Jogja yang satu ini pasti sudah sangat akrab di telinga kalian kan?  Semua orang yang pernah ke Jogja pasti pernah makan kuliner yang satu ini. Cuma satu-satunya dan hanya ada di Jogja (kalau nyari yang asli ye, kalau bikin di rumah sih bisa aje, tapi yang signature Jogja, ya Cuma di Jogja). Rasanya yang manis dan unik benar-benar membuat ketagihan. Ada berbagai macam jenis dari yang kering sampai yang basah. Dari gudeg ceker, sampai ayam utuh. Semua ada di Jogja. Dan rasanya…. bikin ngilerrrr!!!

6.     Salak Pondoh.

Sumber: google.co.id

Sumber: google.co.id

Selanjutnya yang menjadi oleh-oleh khas Jogja adalah Salak Pondoh. Buah yang satu ini bisa kamu dapatkan di daerah Sleman dan sekitarnya. Soal rasa kamu tak perlu khawatir, semua orang tahu kalau rasa salak Pondoh ini manis dan teksturnya sangat menggiurkan. Salak Pondoh cocok untuk kamu jadikan salah satu oleh-oleh khas Jogja yang kamu bawa kembali ke kampung halaman.

7.     Geplak.

Sumber: google.co.id

Sumber: google.co.id

Kuliner yang manis-manis memang sudah menjadi ciri khas dari Jogjakarta. Nah, oleh-oleh khas Jogja yang satu ini juga memiliki rasa yang manis. Geplak namanya. Panganan yang satu ini adalah makan khas Bantul yang bisa kamu temui kalau kamu sedang berlibur di daerah Bantul. Geplak terbuat dari daging kelapa yang diiris tipis-tipis lalu dimasak dengan campuran Gula. Seperti yang kamu tahu, selalu ada modifikasi dari hampir semua kuliner Jogja. Geplak pun juga begitu. Kamu bisa menjajal banyak varian rasa Geplak!

 

So, itu adalah 7 oleh-oleh khas Jogja yang wajib kamu bawa sebagai cindera mata ketika kamu berkunjung ke Jogja. Masih banyak oleh-oleh yang lain yang bisa kamu bawa. Tapi yang 7 di atas adalah hal wajib yang harus kamu bawa biar temen-temen kamu nggak bilang “Ke Jogja kok nggak beli …. “.

See you on the next article.

 

sumber : wonderfulisland.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *