Ada satu kisah unik di Kulonprogo. Salah satu wisata alamnya menghembuskan cerita tidak terduga. Sebut saja Air Terjun Kembang Soka yang berlokasi di Dusun Gunung Kelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo. Tempatnya masih sejalur dengan pebukitan Menoreh membuat debit air terjun selalu mengalir deras.

@air_terjun_kembangsoka

Air Terjun Kembang Soka terhitung sebagai tempat wisata baru. Umurnya baru sekitar dua tahunan, namun wisatawan domestik bahkan mancanegara pun seringkali mampir. Mereka mendengar berbagai cerita menawan tentang tempat ini. Mulai dari pemandangan alam yang cantik hingga khasiat air Kembang Soka yang bisa menyembuhkan penyakit.

@air_terjun_kembangsok2

Air Terjun Kembang Soka bisa dibilang sebagai tempat wisata “tiban” alias “kejatuhan popularitas secara tidak diduga”. Berawal dari foto seorang turis yang menjelajah Desa Jatimulyo lalu mengunggah foto Air Terjun Kembang Soka di media sosial. Foto tersebut mendapat respon bombastis hingga banyak orang datang berkunjung.

@air_terjun_kembangsoka3

Warga kemudian berinisiatif untuk mengelola Air Terjun Kembang Soka secara profesional. Retribusi parkir dan penjualan tiket dikumpulkan untuk membangun berbagai infrastruktur seperti perbaikan jalan serta pembangunan fasilitas pendukung. Kini anda tak perlu lagi khawatir akan akses jalan yang sulit dan fasilitas yang kurang memadai karena sudah diperbaiki oleh warga pengelola.

@air_terjun_kembangsok4

Awalnya air terjun ini tidak memiliki nama. Warga mendapat ide untuk menamainya Kembang Soka karena di sekitar air terjun banyak tumbuh pohon Soka yang sedang berbunga. Bunga Soka dipercaya dapat membawa kesembuhan untuk beragam jenis penyakit. Khasiat tersebut dialirkan dari tanaman ke air yang mengalir di daerah tersebut.

Konon ada pengusaha Tionghoa yang bangkrut dan jatuh sakit. Ia pergi ke tempat ini dan meminum airnya. Segera setelah itu, badan pengusaha tersebut kembali sehat dan bisnisnya sanggup mendulang kesuksesan.

@air_terjun_kembangsok6

Tak asyik kalau hanya mendengar ceritanya saja. Buktikan kecantikan Air Terjun Kembang Soka dengan mendatanginya langsung. Biaya parkir dan tiket masuk cukup 10 ribu perak.

Sumber : Wonderfulisland Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *