Jogja adalah kota yang beragam. Semua suku dari seluruh Indonesia ada di Jogja. Dari mulai orang Batak, Jawa, Bali, Madura, sampai orang-orang keturunan Chinese. Nah, untuk orang-orang keturunan Chinese, memang selalu memiliki ruang sendiri. Kalau di kota-kota besar di dunia, selalu ada Chinatown yang sepenuhnya berisi orang-orang China. Chinatown atau Pecinan ini juga ada di Jogja lho! Tepatnya di sebuah kampung yang berada di area Malioboro yang bernama Kampung Ketandan.

ketandan

sumber google

Seperti kebanyakan pecinan lain di kota lain, Ketandan dipenuhi oleh orang-orang keturunan Tionghoa. Semua budaya dan kuliner mereka juga ada lengkap disana. Bahkan sampai pada ornamen bangunannya pun nampak so Tionghoa. Di tempat ini ada juga kuil tempat peribadatan mereka dan banyak sekali toko-toko makanan khas Tiongkok. Soal halal dan tidaknya makanan yang mereka jual, alangkah baiknya bertanya dulu sebelum membeli ya, biar nggak terlanjur. Pasalnya, di tempat ini rumah makan yang menghidangkan babi atau pork sangat banyak. Lagi-lagi bicara soal Ketandan dengan segala macam keindahannya. Kalau kamu berkunjung ke tempat ini, pertama kamu akan disambut oleh gapura dengan ornamen dan motif Tiongkok dengan warna yang khas yakni warna merah. Selain itu ada juga hiasan berbentuk naga di gapura selamat datang mereka. Ketika kamu masuk, maka… “Welcome to China!” itulah yang mungkin akan kamu rasakan. Karena semua yang ada disana akan terasa so Chinese.

ketandan2

sumber google

Selain bangunannya, Ketandan juga punya acara rutin tahunan yang selalu mereka selenggarakan. Namanya adalah Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta. Di acara ini kamu bisa melihat banyak sekali budaya-budaya Tionghoa yang sangat luar biasa. Apalagi jika kamu datang ketika pembukaan atau penutupan. Kamu bisa melihat Barongsai, naga yang sering kalian lihat di film-film kung fu, bahkan kalian juga bisa melihat atraksi kung fu dan pergelaran wayang potehi khas China.

ketandan3

sumber google

Kampung ini sudah sangat terkenal di seantero Yogyakarta. Kalau berkunjung ke Malioboro, tidak lengkap rasanya jika kamu tidak mampir sejenak ke tempat ini dan menikmati rasanya ada di China tapi Jogja. So, happy traveling guys!

Sumber : Wonderfulisland Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *