Nama Gunungkidul mendulang popularitas beberapa tahun terakhir karena berbagai destinasi wisata yang baru dibuka. Jauh mengalahkan Sleman, Bantul, dan Jogja. Siapa sangka kini lahir pesaing berat yaitu Kabupaten Kulonprogo. Wisatawan terbius misteri yang berasal dari destinasi-destinasi wisata Kulonprogo seperti berikut.

1. Sate Mbah Margo

Sate Klathak Pak Beye
Pilihan sate kambing khas Jogja jatuh pada Pak Pong atau Pak Bari di Jejeran, Bantul. Nama keduanya juga mencuat karena diblow-up oleh media lewat cerita Ada Apa Dengan Cinta 2. Bagi yang benar-benar paham rasa, ada alternatif sate kambing lain yaitu sate Mbah Margo. Rasa satenya begitu melegenda sampai keluarga keraton Jogja seperti Gusti Prabu Joyokusumo menjadi pelanggan tetap. Alamatnya ada di Boto, Kembang, Nanggulan, Kulonprogo.

2. Legenda Waduk Sermo


Konon Waduk Sermo ditinggali oleh ikan predator yang diberi nama “Setan Merah”. Ikan ini begitu buas karena terpengaruh oleh dendam orang-orang yang tidak rela rumah merek digusur untuk pembuatan waduk. Benar-tidaknya kita tidak tahu karena pembuatan Waduk Sermo telah terjadi sewaktu era Pak Harto berkuasa. Sampai hari ini pun Waduk Sermo masih diminati wisatawan karena ketenangan dan kecantikan lansekap sekitarnya. Apalagi ketika matahari terbit atau tenggelam.

3. Deburan keras ombak Pantai Glagah


Pantai Glagah mempunyai ciri khas berupa pemecah ombak dalam jumlah yang banyak. Pemecah ombak ini dikarenakan gelombang air yang terlalu besar. Bahkan saat pasang, deburan dari laut yang terkena pemecah ombak pun masih bisa dirasakan kedahsyatannya. Laut selatan Pulau Jawa memang terkenal karena ombaknya yang besar dan Pantai Glagah adalah satu yang terbesar diantaranya.

4. Mendalami cerita Ramayan di Gua Kiskendo


Pertarungan Subali dan Sugriwa melawan Lembusuro bersama Mahesasuro adalah cerita yang mengakar kuat di Gua Kiskendo. Suguhan relief yang dipahat di tebing batu akan memanjakan mata. Belum lagi bagian dalam gua yang semakin memukau dimana Rama membentuk aliansi bersama kerajaan kera untuk merebut Shinta dari tangan Rahwana.

5. Suroloyo yang jadi atap dunia


Suroloyo adalah titik tertinggi di Kulonprogo. Lokasinya berada di jajaran perbukitan Menoreh. Sensasi perjalanan melewati jalur sempit bergelombang naik-turun akan membawa keasyikan tersendiri. Dari tempat ini kita bisa melihat dengan jelas Candi Borobudur yang dijaga oleh empat gunung; Sindoro; Sumbing; Merapi; dan Merbabu.

Sumber : Wonderfulisland Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *