Candi, sebuah arsitektur yang menjadi warisan peradaban masa lalu. Kecantikan ornamen dan bentuknya menjadi cerita seru untuk digali. Apalagi candi memiliki kedekatan dengan daerah tempatnya berdiri. Semacam ikatan magis yang telah melampaui ruang dan waktu selama berabad-abad lamanya.

Ikon candi besar di Yogyakarta didominasi oleh Borobudur, Prambanan, dan Boko. Ketiga candi tersebut terkenal karena sering menjadi tempat perhelatan acara bertajuk budaya di level nasional maupun internasional.  Lalu, apakah kamu sudah pernah mendengar tentang Candi Barong?

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Candi Barong menghempaskan mitos tentang harta karun. Harta yang dimaksud bukanlah emas, uang, atau perhiasan.Para pengunjung akan menyadari harta itu setibanya di sana.

Lokasi candi yang dikelilingi hutan, membuat udara segar mudah sekali diserap dalam sekali tarikan nafas. Warga sekitarnya pun sungguh ramah. Jangan kaget kalau anda menyapa, tawaran ntuk singgah dan dijamu oleh warga akan sangat sering terdengar.

Candi Barong berada di perbukitan Batur Agung, tepatnya berada di Dusun Candi Sari, Desa Sambirejo, Kecamatan, Kabupaten Sleman. Nama Barong diambil dari hiasan kepala singa yang terletak di atas pintu masuk. Candi ini diperkirakan sudah berusia lebih dari satu milenium. Tepatnya dibangun antara abad ke 9 dan 10. Penemunya adalah seorang berkebangsaan Belanda di tahun 1913. Orang Belanda tersebut sedang meninjau lokasi perluasan pabrik gula saat menemukan reruntuhan Candi.

cb2

Candi Barong adalah candi Hindu untuk masyarakat yang memuja Dewi Sri. Sisi-sisi candi dihiasi oleh relung kala dan makara. Ada juga bangunan untuk pemujaan Hyang Wisnu. Asal kamu tahu, Hyang Wisnu adalah suami dari Dewi Sri.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Candi Barong adalah menjelang senja. Semburat matahari kemerahan dan gelapnya malam yang turun perlahan-lahan, membawa kecantikan tersendiri. Apalagi pesona bukit-bukit yang mengelilingi candi menambah indahnya lansekap pemandangan.

cb3

Selain candi, kita juga bisa berkeliling ke lansekap-lansekap sekitarnya. Kamu bisa menemukan pemukiman warga yang rumahnya terpisah agak jauh satu sama lain. Ada juga sungai dengan batuan kali dan air yang masih jernih. Nuansa alami kompleks Candi Barong sangatlah cocok untuk dieksplorasi. Apalagi kalau mau nyari background foto yang anti-mainstream.

Sumber : Wonderfulisland Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *