Jika suatu saat nanti tercipta mesin waktu dan kamu bisa pergi ke masa lalu, ke tahun berapa kamu akan pergi? Tidak mungkin? Ya memang, menjelajah waktu seperti yang terjadi di film-film Hollywood itu memang tidak mungkin sekarang ini. Tapi kamu tahu, bahwa kamu tetap bisa menjelajah waktu dengan cara lain. Meskipun memang tidak “benar-benar” kamu berkelanan ke masa lalu, dengan cara ini kamu bisa merasa, ya, merasa seperti sedang berada di masa lalu. Caranya adalah dengan datang ke museum.

sonobudoyo3

sumber google

Nah! Di Jogja, ada sebuah museum yang benar-benar bisa membawamu ke masa lalu. Ke masa ratusan tahun yang lalu ketika bahkan mungkin eyang buyutmu belum dilahirkan. Nama museum yang luar biasa itu adalah Sonobudoyo. Museum Sonobudoyo ini terdapat banyak sekali benda-benda bersejarah yang memiliki nilai yang sangat tinggi. Mulai dari pusaka-pusaka, foto, dokumen penting, perhiasan, sampai mata uang jaman dahulu yang akan sangat sulit kamu temukan di luar museum tersebut.

sonobudoyo

sumber google

Museum Sonobudoyo ini merupakan muara dari beberapa benda sejarah dari Madura, Jawa, Bali, hingga Lombok. Museum ini sendiri diprakarsai sejak hampir seabad yang lalu oleh pemerintahan kolonial demi melindungi semua benda-benda sejarah yang berharga. Jika kamu berkunjung ke museum ini, maka kamu akan masuk ke dalam era yang telah lampau. Kamu akan merasa seperti berjalan mengarungi waktu. Pasalnya sudah jelas bahwa dengan banyaknya barang bersejarah yang bahkan paling lengkap setelah Museum Nasional Republik Indonesia yang ada di Jakarta.

sonobudoyo2

sumber google

Museum ini dibagi menjadi beberapa ruangan dengan spesifikasi barang-barang sejarah yang berbeda di setiap ruangan. Mulai dari ruang pengenalan yang berisi relief candrasengkala “Buta Ngrasa Esthining Lata” dan juga pasren yang punya nama lain krobongan yang terdiri dari tempat tidur, guling, bantal, kasur, sepasang patung loro blonyo, lampu robyong dan lampu jlupak. Lanjut ke ruangan berikutnya yakni ruangan prasejarah yang berisi benda-benda prasejarah dari masa megalithikum, sampai masa bercocok tanam hingga masuk ke masa masyarakat pra modern. Setelah ruang prasejarah, kamu akan masuk ke ruang klasik dan peninggalan islam yang berisi benda-benda klasik dan beberapa peninggalan islam tempo dulu. Lalu ada ruang batik, wayang, topeng, Jawa Tengah yang menampilakn ukiran terkenal dari Jawa Tengah, ruang emas, yang beberapa barangnya pernah dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab karena berisi emas dan benda berharga tinggi lainnya, dan yang terakhir ruang Bali.

sonobudoyo1

sumber google

Di museum ini kamu akan benar-benar time travelling guys! Jadi, liburan kemana yang bisa membuatmu serasa sedang mengalami perjalanan lintas waktu? Museum Sonobudoyo tentunya! So, kalau biasanya happy traveling, kini Indonesia Jernih mengucap salam happy time traveling guys!

Sumber : Wonderfulisland Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *