Berwisata ke Jogja memang tak ada habisnya. Semua hal ada di Jogja. Bahkan wisata alam buatan pun juga ada di Jogja. Wisata alam buatan? Kok bisa wisata alam dibuat? Oh, tentu bisa. Di Jogja ada sebuah wisata alam buatan yang menarik untuk kamu kunjungi. Namanya adalah Waduk Sermo. Mungkin sebagian dari kamu akan bertanya, bagaimana bisa sebuah waduk menjadi destinasi wisata? Pada kenyataannya Waduk Sermo merupakan salah satu destinasi wisata yang instagramable di Jogja.

waduk sermo

wonderfulisland.id

 

Pemandangan alam, suasana yang nyaman, udara yang sejuk, akan membuatmu tahu bahwa tempat ini memang destinasi wisata terbaik. Jika kamu ingin menikmati waduk Sermo dari sisi waduk, kamu tinggal menelusurinya saja, tapi jika ingin sesuatu yang baru dengan melihat waduk dari tengah, maka menyewa perahu, lalu mengarungi waduk adalah pilihan terbaik. Terlebih lagi ketika kamu mengunjungi waduk Sermo dikala sore ketika matahari hendak beralih ke bagian bumi yang lain, keindahannya tak ada yang bisa menggantikan.

Terletak di daerah Sermo Lor, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Waduk Sermo merupakan salah satu waduk tertinggi di Jawa Tengah. For your information, waduk ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1996 tepatnya tanggal 20 November. Pembangunan waduk ini sendiri memakan waktu 2 tahun 8 bulan dan menghabiskan biaya sekitar 22 miliyar rupiah. Jumlah yang fantastis bukan? Pembangunan waduk ini menggunakan system Bedol desa yakni memindahkan para penduduk yang dahulu tinggal di daerah “calon waduk” ke beberapa tempat. Berdasarkan informasi yang terhimpun, proyek raksasa ini dahulunya memindahkan 100 kepala keluarga ke Tak Toi di Bengkulu dan 7 kepala keluarga di pindah ke Riau.

waduk sermo

wonderfulisland.id

Waduk yang memiliki pemandangan alam yang indah, terutama jika kamu berkunjung saat matahari terbit atau matahari tenggelam ini dibangun dengan membendung Kali Ngrancah. Nah, jika kamu berkunjung kesana, waduk Sermo ini memiliki 4 bagian bangunan yang masing-masing memiliki kegunaan yang penting. Pertama adalah bagian bendungan utama. Pada bagian ini dibangung dengan urugan batu berzona dengan inti yang kedap air. Pada puncak bendungan memiliki elevasi, atau posisi vertical suatu objek dari satu titik tertentu lebih dari 141,60 meter. Bendungan ini juga memiliki panjang 190 meter, lebar 8 meter, tinggi maksimal 58.60 meter, dengan volume urugan sekitar 568.000 meter. Lalu ada bagian coffer dam dengan elevasi mercu sekitar 105 meter, bangunan pelimpah dengan tipe ogee tanpa pintu, dan memiliki lebar 26 meter, serta bangunan terowongan yang berbentuk tapal kuda dengan diameter 4,2 meter dan berkapasitas 179,50 meter kubik per detik. Dari karakteristik di atas, bisa disimpulkan bahwa waduk Sermo memang salah satu waduk terbesar yang ada di Jawa Tengah dan mungkin saja yang tertinggi.

Waduk yang dibangun untuk mengairi sawah yang ada di sekitarnya tersebut diberi gelar waduk terbaik di Indonesia. Hal tersebut bukan tanpa alasan. Dikutip dari suarapembaharuan.com mengatakan bahwa waduk Sermo memiliki kualitas air yang terbaik. Hal ini Karena tingkat sedimentasinya yang rendah sehingga menghasilkan air yang jernih dan bersih. Selain itu waduk yang memiliki luas sekitar 21,3 kilometer persegi ini konon katanya mampu menampung sekitar 21.9 juta meter kubik air sekali waktu.

waduk sermo

wonderfulisland.id

Sebagai mana fungsinya sebagai sebuah waduk, Sermo mengaliri sekitar 150 liter per detik pada daerah Kulon Progo dan 50 liter per detik untuk daerah Wates. Selain memiliki fungsi waduk pada umumnya yakni penyedia air langusng, pembangkit listrik tenaga air, control sumber daya air, dan penyeimbang aliran air, waduk ini juga berfungsi sebagai destinasi wisata. Lagi-lagi, waduk Sermo menjadi salah satu destinasi wisata yang favorit di Kulonprogo. Selain itu, waduk ini juga kadang dipakai untuk lomba dayung, pelatihan Angkatan Udara, hingga menjadi objek diskusi akademika tentang evaluasi geologi teknik dan kerentanan gerakan tanah. Jadi waduk Sermo memiliki fungsi yang hampir lengkap.

Jika mau bicara soal nilainya sebagai destinasi wisata, kamu tak perlu ragu. Waduk Sermo adalah salah satu destinasi wisata terbaik dengan pemandangan alam terbaik. Bayangkan saja, datang di sebuah waduk di dataran tinggi, dengan suasana sejuk, pemandangan alam, dan hamparan air jernih di waduk, kamu pasti terpesona dan ikut mengamini bahwa Waduk Sermo memang waduk terbaik di Indonesia. So, what are you waiting for? Let’s travel!

Sumber : Wonderfulisland Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *